Jumat, 10 Februari 2017

Manfaat Sit-Up Bagi Fisik



Sit-up adalah salah satu olahraga yang sangat diminati bagi semua orang yang ingin mengecilkan perut dan yang ingin membentuk perut menjadi six-pack. Akan tetapi jangan salah, sit-up tidak hanya untuk mengecilkan perut dan menjadikan perut menjadi six-pack saja. Banyak sekali manfaat yang didapat jika kita bisa rutin mengerjakannya setiap hari.


Berikut beberapa manfaat jika rutin melakukan sit-up setiap hari :
  • Menjaga Kestabilan Gerakan Tubuh.
  • Menjaga Keseimbangan Tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Tubuh.
Sit-up akan membantu peredaran darah didaerah perut dan pinggul. Kedua bagian ini akan mempertahankan berbagai sistem yang sangat penting bagi kesehatan kita seperti pencernaan dan imunitas tubuh.
  • Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh.
Sistem metabolisme dalam tubuh sangat diperlukan untuk mengolah berbagai jenis zat asing yang masuk ke tubuh termasuk makanan. Sit-up dapat membangun semua otot di bagian perut. Ketika semua otot perut kita bisa bekerja dengan aktif maka pasokan oksigen untuk pembuluh darah akan terpenuhi. Dengan ini membuat darah bisa membantu sistem metabolisme pada tubuh.
  • Menjaga Pencernaan Tubuh.
Pencernaan yang banyak bermasalah adalah bagian usus. Semua sisa makanan yang berkumpul didalam usus bisa menyebabkan radang atau kanker. Hal ini sering terjadi karena kekurangan serat.

Akan tetapi selain asupan serat, cara lain untuk mencegah penyakit ini bisa dengan sit-up secara rutin. Sit-up akan menggerakkan semua otot dalam perut dan otot perut akan mendorong agar usus bisa melakukan pekerjaannya dalam mengolah semua makanan yang masuk. Jadi sit-up rutin akan membuat pekerjaan usus kita menjadi lancar.
  • Menjaga Kesehatan Otot.
  • Melancarkan Peredaran Darah.
Jika kita kekurangan oksigen dalam darah maka sistem metabolisme tidak akan berjalan dengan baik. Ini akan memicu munculnya berbagai penyakit seperti serangan jantung, gagal ginjal dan penyakit lain. Dengan sit-up secara teratur akan membuat kerja otot kita bekerja secara maksimal sehingga peredaran darah dalam tubuh juga berjalan dengan baik.
  • Membantu Menurunkan Lemak Pada Tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Tulang Dan Otot.


Itulah beberapa manfaat dari olahraga sit-up jika kita bisa rutin mengerjakannya setiap hari.


Semoga bermanfaat.