Minggu, 12 Februari 2017

Cara Sit-Up Yang Benar



Perlu kita ketahui, bahwa sit-up yang benar tidak akan menyebabkan rasa nyeri pada otot. Masih ada orang yang baru pertama kali melakukan sit-up biasanya akan merasa sakit pada bagian perut. Dan untuk mencegah rasa sakit pada bagian perut, biasanya dibagian perut bawah, kita bisa melakukan sit-up sesuai petunjuk dibawah ini :


  • Ambil matras untuk digunakan sebagai alas tubuh. Lakukan posisi terlentang dengan lutut ditekuk. Dan ambil posisi tumit dengan jarak kurang lebih 1 meter didepan tulang belakang. Silangkan jari-jari pada bagian belakang kepala. Kita bisa juga mengganjalkan kaki kita ke benda yang ada atau kita bisa minta tolong teman kita untuk memegangi jika kita masih terasa berat ketika mengangkat badan kita.


  • Tekan bahu secara bersamaan, kemudian ambil tenaga pada bagian perut, dan buang nafas dan angkat kepala ke atas lutut yang telah ditekuk. Jangan melakukan tekanan dan tarikan pada bagian leher, saat kepala hampir sampai ke bagian lutut, maka angkat dagu kita ke atas.


  • Agar tulang punggung dan tulang ekor tidak sakit selama sit-up, maka jangan mendekatkan bagian bawah kaki ke arah lantai. Otot paha dan perut akan bekerja maksimal saat kita berusaha untuk melakukan posisi duduk. Dan ambil hitungan saat posisi kepala mendekati lutut dan tahan hingga 2-3 hitungan.


  • Saat kita ingin menurunkan badan ke posisi semula, maka tarik nafas agar otot perut kembali kendor. Kemudian turunkan bagian punggung ke lantai secara perlahan-lahan. Ulangi beberapa langkah tersebut dan lakukan dengan benar sehingga otot perut akan melakukan kontraksi dengan baik.


Semoga bermanfaat.